Proceed
your Sentence
Cara memainkan game ini sangat mudah dan
secara khusus permainan ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan
seorang siswa. Ini merupakan game dimana siswa meneruskan kata atau kalimat
yang dibisikkan secara terus-menerus. Sangat layak untuk dicoba dalam level
pendidikan apapun. Sebagai seorang guru, Anda hanya dharuskan untuk
menyesuaikan dengan kemampuan siswa pada setiap tingkatan pendidikannya. Ok,
akan kami deskripsikan langkah-langkahnya berikut ini.
1. Bagi siswa menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok
beranggotakan 5 orang.
2. Siapkan kata-kata yang akan diberikan kepada siswa dalam ingatan
Anda.
3. Tentukan nomor urutan siswa. Artinya, terdapat siswa pertama, kedua,
ketiga, keempat, dan kelima.
4. Bisikkan kalimat atau frase kata kepada siswa pertama. Namun
lakukan terlebih dahulu pada satu kelompok agar Anda mudah mengawasinya.
5. Suruh siswa pertama untuk membisikkan kata yang Anda bisikkan tadi
ke siswa kedua, kemudian siswa kedua melanjutkan ke siswa ketiga, siswa ketiga
ke siswa keempat, dan siswa keempat ke siswa kelima.
6. Instruksikan siswa kelima untuk menyebutkan kata yang telah
dibisikkan tadi dan catat kata tersebut.
7. Lakukan prosedur tersebut secara terus-menerus pada setiap
kelompok. Lalu, siswa kelima yang mempunyai kata-kata paling mirip dengan kata
awal yang Anda berikan, maka kelompoknya menjadi pemenang.
A
Creative Story
Game yang satu ini sepertinya biasa Anda lihat
dimana guru akan membacakan sebuah cerita, kemudian siswa meneruskannya dengan
imajinasi mereka. Siswa yang tidak mampu melanjutkan cerita tersebut, maka ia
akan mendapatkan hukumannya. Dibuat secara khusus untuk melatih nalar seorang
siswa dan kemampuan berbicara menggunakan bahasa Inggris. Bagaimana
prosedurnya? Silakan Anda simak langkah-langkah berikut ini.
1. Siapkan satu buah spidol sebagai alat penentu giliran siswa.
2. Ceritakan sebuah kisah yang populer misalnya Cinderella atau
pinokio namun hanya bagian awalnya saja serta putus cerita Anda pada
bagian-bagian yang diinginkan.
3. Serahkan satu buah spidol kepada seorang siswa dan berikan ia
instruksi agar terus mengoper spidol tersebut ke temannya sembari Anda
menghitung.
4. Pada hitungan yang kelima maka siswa diinstruksikan untuk berhenti
mengoper spidol.
5. Siswa terakhir yang mendapatkan spidol tersebut harus melanjutkan
cerita sesuai dengan imajinasinya. Cerita yang ia lanjutkan tentu saja tidak
terlalu banyak, yaitu hanya satu kalimat panjang saja.
6. Ingat! Anda harus membebaskan siswa untuk melanjutkan cerita semau
mereka dan jangan paksa untuk tetap pada alur cerita.
7. Setelah siswa menyelesaikan lanjutan kisah tersebut, maka teruskan
menghitung dan siswa yang mendapatkan spidol pada hitungan kelima, instruksikan
untuk melanjutkan cerita.
8. Siswa yang tidak mampu melanjutkan cerita, maka ia wajib dihukum
untuk bernyanyi atau melakukan hal positif lainnya.
Word
Mapping
Word mapping merupakan sebuah permainan dimana
Anda menyebutkan sebuah kata, kemudian siswa menyebutkan kata-kata yang
berhubungan. Misalnya Anda menyebutkan kata house, maka siswa mencari kata
turunan yang berhubungan yaitu chair, table, dining room, bath room, dan floor.
Word mapping digunakan untuk meningkatkan nalar seorang siswa dan meningkatkan
pembendaharaan kosakata yang mereka miliki. Silakan simak langkah-langkahnya
melalui poin berikut ini.
1. Siapkan kata-kata yang mampu memberikan kata turunan yang cukup
banyak seperti computer, park, house, street, dan masih banyak lagi.
2. Bagi siswa ke dalam kelompok kecil dimana setiap kelompok
beranggotakan 3 orang.
3. Instruksikan siswa untuk menyiapkan satu buah kertas, pena, dan
tanpa menggunakan kamus.
4. Sebuatkan kata yang telah Anda siapkan.
5. Berikan waktu selama lima menit kepada setiap kelompok untuk
menuliskan kata turunan yang ada sebanyak mungkin.
6. Kelompok yang mendapatkan kata terbanyak, maka merekalah yang
menang dalam game bahasa Inggris ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar